Pages

Jumat, 24 Agustus 2012

Cendet Kembang


       Cica Matahari (Crocias Albonotatus) atau sering disebut Cendet Kembang/Pentet Kembang oleh masyarakat, hal ini dikarenakan kesamaan bentuknya dengan burung cendet yang sering kita lihat di pasar burung. Akan tetapi Cendet Kembang bukan termasuk jenis keluarga Cendet (Lanidae).

       

            Perbedaan Cendet Kembang dengan Cendet biasa (Lanius Schach) terletak pada warnanya pada Cendet Kembang warna bagian sayap dan sekitarnya coklat tua dan terdapat motif sedikit bergaris di daerah punggung, dengan iris mata berwarna merah menyala. 

        
       Cendet Kembang merupakan hewan langka endemik indonesia yang sangat jarang ditemukan dan terancam punah. Jika kita beruntung kita dapat melihatnya di pasar burung dan tentunya dijual dengan harga yang lumayan. Di alam liar burung ini sangat jarang ditemui, hidup berpasangan atau sendirian dengan hutan lebat sebagai habitatnya. Ada yang mengatakan makanan burung ini pisang tapi saya sendiri kurang yakin.

5 komentar:

  1. cara membedakan antara jantan dan betina bagai mana mas....

    BalasHapus
  2. bedakan jantan sama betinanya gimana?

    BalasHapus
  3. saya pernah punya cendet kembang..memang doi suka pisang..bunyinya keras tp monoton.tapi skrng dah almarhum..:( klo di pasar burung daerah ane masih ada yg jual

    BalasHapus
  4. https://m.facebook.com/photo.php?fbid=702689599747679&id=100000199350984&set=gm.10151846108786514&refid=18

    Ini Burungnya bukan om?

    BalasHapus