Pages

Kamis, 30 Agustus 2012

PERCi Pleci Raja


Pleci Raja atau Perci merupakan burung kicauuan kecil yang lincah bersuara merdu dan sekarang menjadi primadona dalam dunia hobby perkicauuan, dimana banyak sekali penggemar burung kicauu yang sekarang memeliharanya. Dahulu disaat burung ini belum se-terkenal sekarang pedagang menjualnya dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 5000/ekor, tapi sekarang harganya bisa mencapai jutaan bahkan bisa mencapai puluhan juta jika sudah memenangkan lomba. 


Ciri khas dari Pleci atau burung kacamata adalah lingkar mata yang berwarna putih, tapi ada sebagian jenis tertentu yang berwarna hitam. Dengan nafsu makannya yang besar burung ini dapat menghabiskan satu buah pisang dalam 2 hari, selain pisang burung Pleci dapat diberi voer , buah apel, kroto dan bisa juga bubur bayi. Pleci suka sekali dengan air, sehingga sering kita jumpai Pleci yang asik mandi dalam wadah airnya hampir tiap hari. Untuk persiapan lomba bahkan ada beberapa orang yang memandikannya malam hari. 



Agar burung cepat berkicauu, tentunya kita harus memilih yang berkelamin jantan.  Untuk membedakan jenis kelamin Burung Pleci bagi pemula gampang-gampang susah, tapi ada beberapa cara mudah utuk mengetahui Pleci berjenis kelamin jantan. Adapun ciri jantan yaitu lingkar putih di sekitar mata relatif lebih tebal, selain itu ekor Perci Jantan lebih panjang dan ujung ekornya berbentuk seperti huruf  v terbalik, sedang ekor Perci Betina rata/tumpul. 



Pleci Raja atau Perci adalah pimpinan dari koloni Pleci yang besar, ciri khasnya yaitu suaranya yang keras dan lantang mengkristal. Suara yang keras ini disebabkan karena Pleci Raja ingin memanggil seluruh anggotanya untuk berkumpul, dan sekaligus untuk menegaskan bahwa dia adalah pimpinan dari kawanan (koloni) pleci itu. Ada cara mudah agar Pleci yang kita pelihara menjadi Pleci Raja. Pertama pastikan Pleci yang pertama kita beli berjenis kelamin jantan, setelah berkicauu ngriwik kita beli lagi beberapa Pleci betina dan taruh sangkarnya di dekat Pleci pertama, karena Pleci betina tidak begitu berkicauu dengan begitu Pleci yang pertama kita beli akan mengira bahwa dia adalah pimpinan koloni atau Raja. Setelah berkicauu agak keras, kita beli lagi beberapa Pleci jantan untuk menge-tes mental Pleci Raja dan sekaligus bertujuan untuk meningkatkan volume suara kicauuannya agar lebih keras, karena dengan bersuara keras Burung Pleci menegaskan bahwa dia adalah Raja (pimpinan) koloni itu.

1 komentar:

  1. om saya dah punya pleci tapi jenis pleci jawa. kalo soal ngriwik punya saya udah kenceng tapi gak mau buka paruh. dan saya pun sudah yakin pleci saya jantan tapi udah 3 bulan rawatan saya gak mau buka paruh kasih tau caranya dong om

    BalasHapus